Cara Menghilangkan Resume F1 Pada Saat Booting PC

            Mungkin para pembaca Blogger ada bertanya-tanya, “kenapa PC saya sering “ERROR DRIVE” dan harus menekan “F1” dulu untuk “RESUME Booting”. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menghilangkan perintah “F1 to Resume” pada PC sahabat-sahabat pembaca Artikel ini. Untuk pemula barangkali cara ini agak rumit karena yang dijadikan objek bukan Windowsnya tapi BIOS nya. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut. Jika kalian mengalaminya, sebaiknya tulis cara ini dalam kertas agar tidak lupa agar dapat secara langsung melakukan Cara Menghilangkan Resume F1 Pada Saat Booting.

Ex Booting Error F1

NB: Perhatikan kalimat “Press F1 to RESUME” dan perintah-perintah yang telah saya tandai pada gambar diatas. Terkadang perintah “DEL” tidak muncul seperti pada gambar, maka laternatif satu-satunya adalah menekan “F11’, jika tidak langsung masuk kedalam BIOS maka silahkan tekan “F1”. Kemudian secara otomatis sahabat akan dibawa masuk kedalam BIOS computer tersebut.
  • Tekan “Del” berulang-ulang ketika laptop/PC kalian sedang dinyalakan pertama kali. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman berwarna biru yang bernama BIOS.
  • Pilih tab/menu “Standard CMOS Features”.
  • Perhatikan tulisan “Drive A [1.44M, 3.5”].
  • Jika telah ketemu, coba arahkan kursor dengan menggunakan anak panah pada keybord pada tulisan [1.44M, 3.5”] lalu tekan Enter. Pilih “None” atau pilih “Dissable” dengan menggunakan anak panah pada keyboard. Kemudian tekan Enter sekali lagi.
  • Setelah berubah menjadi “Drive A [None], lalu tekan F10 pada keyboard untuk menyimpan settingan yang barusan dilakukan. Selanjutnya tekan “Y” untuk konfirmasi Ya (jika memang diminta), kemudian tekan Enter.
  • Selesai. Laptop/PC akan restart otomati dan selamat perintah F1 kalian telah tiada.
            Jika dengan cara itu masih belum terselesaikan atau tidak ada pesan “ERROR” pada floppy A:/ namun perintah resume (F1) tetap muncul, maka kasus ini tergolongkan kasus cukup sulit. Bisa jadi keadaan seperti ini disebabkan CMOS/Baterai yang menempel pada motherboard sudah tidak optimal lagi sehingga dapat mengakibatkan kasus seperti ini. Di google banyak menawarkan solusi dengan mengganti CMOS/baterai . Tapi berdasarkan pengalaman seorang blogger penggantian itu masih tidak menjamin, karena kondisi CMOS/baterai belum tentu sinkron/belum memberikan suply kepada BIOS, sehingga tetap tidak dapat terkonfigurasi.
            Untuk mengatasi masalah ini adalah :
a.         Ganti CMOS/baterai dimaksud dengan yang baru dan berkualitas baik. Cari di google untuk mengetahui merk bagus.
b.        Jika setelah CMOS/baterai diganti namun keadaannya masih tidak berubah maka segera lakukan update bios. Silahkan anda cari di google firmware BIOS yang sesuai. Namun, dalam hal ini saya tidak bertanggungjawab atas segala resiko. Sebab, dengan upadate BIOS terkadang dapat mengakibatkan motherboard mati total jika tidak berhasil dan dengan terpaksa harus mengganti BIOS atau membeli motherboard baru.
Semoga artikel Cara Menghilangkan Resume F1 Pada Saat Booting yang telas saya tulis ini bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian. Selamat mencoba dan SALAM SUKSES.

Jangan lupa Comment + Kritik ama Sarannya ya sahabat...

77 Comment:

  1. thanks broo .,.sangat bermanfaat bagi saya yang masih ingusan.,.,hehehehehe,,.,thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okk boss. Saya juga masih ingusan, hehe. Jangan bosen buat update di blog ane ya boss.

      Hapus
    2. terimakasih mas,,ilmunya sangat bermanfaat

      Hapus
  2. makasih pak bos atas info nya semuga sukses terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okk, sama" boss. Semoga bermanfaat buat semua, amien. Terima kasih buat do'anya boss. Salam Blogger.

      Hapus
  3. matur nuwun bosss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matursuwun kembali mas, Salam blogger, semoga sukses.

      Hapus
  4. terima kasih banyak bos, sukses selalu....

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak bung, anda telah membantu semua orang yg membutuhkannya GBU.

    BalasHapus
  6. wow langsung hebat makasi gaqn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okk gan, terima kasihn kembali karena sudah mampir ke blog saya.Salam Blogger.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Okk gan, sama". Silahkan mampir lagi kalo ada butuh bahan lagi gan. Salam Sukses.

      Hapus
  8. bos kalo setingan bios nya tdk ada standar cmosnya gmn seperti pnya ku axioo pico pjm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bos sebelumnya, kalo itu saya belum sempat share, mohon untuk cari solusi lain dulu di google ya. sekali lagi saya mohon maaf. Salam Sukses.

      Hapus
  9. kalo untuk mesin supermicro standar cmos nya tidak di temukan gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk dalam rentan waktu sekarang saya belum bisa kasih solusi boss, lagi terlalu sibuk sama kewajiban "Negara" nih, hehe.
      Tapi tar saya coba share ama temen" deh, siapa tau ada solusi buat ente, Salam Sukses Selalu.

      Hapus
  10. step2 sesuai prosedur tertulis diatas sudah dilakukan tapi hasilnya tetap sama ... ada solusi yang lebih jitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara waktu baru itu solusi dari saya boss, coba nanti saya carikan solusi yang lebih "Tocerr" buat ngatasin masalah ente. Sebelumnya terima kasih udah mampir kerumah ane boss. Salam Sukses Selalu.

      Hapus
  11. Thank's Bro...
    Masalahnya Terpecahkan

    BalasHapus
  12. Makasih infonya
    Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  13. di PC saya setelah memilih "Standard CMOS Features" tidak ada tuisan 1.44, 3.5" , gimana tu ms Bro? thanks...

    BalasHapus
  14. mas kenapa ya gk ada CMOS Features adanya Standar BIOS Features? mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  15. mas brow sebenarnya pada kasus ini biasanya bukan hanya cmos nya saja tpi bisa jdi hard disk mengalami bad sector krna prnah saya alami dan prnah sya lakukan tips dan cara dari mas brow tpi sama aja muncul pesan "press F1 to resume" setelah saya gnti hard disk pesan itu tidak muncul booting lancar dan lngsung masuk windows"....Thank's mas brow atas berbagi ilmunya tpi kurang manjur.

    BalasHapus
  16. tenk boss atas solusinya..
    yang masih ingusan selalu bingung nih... masih coba2 hhehe

    BalasHapus
  17. Thnks bosss ilmunya bermanpaat bgt..

    BalasHapus
  18. Thnks bosss ilmunya bermanpaat bgt..

    BalasHapus
  19. Tanks bro , terima kasih atas saran and solusinya semua jadi beres

    BalasHapus
  20. Persis seperti komputer saya gan. Saya sudah ganti baterai CMOS, tapi tetap begitu, minta resume F1. Saya belum coba utk yang disable Drive A. Semoga saja bisa menjadi solusi.

    BalasHapus
  21. Gan...kalau acer aspire saya...sudah 4 tahun..kalau dihidupin cuma kisaran 1 menit langsung mati..bahkan hitungan detik langsung mati..tapi kalau ditekan f10 terus..bisa hidup gan...kalau dilepas f10 mati lagi..itu kenapa ya gan..saya googling g nemu2 solusi...

    BalasHapus
  22. Gan...kalau acer aspire saya...sudah 4 tahun..kalau dihidupin cuma kisaran 1 menit langsung mati..bahkan hitungan detik langsung mati..tapi kalau ditekan f10 terus..bisa hidup gan...kalau dilepas f10 mati lagi..itu kenapa ya gan..saya googling g nemu2 solusi...

    BalasHapus
  23. Makasih gan informasinya sangat membantu bagi kta yg gaptek, sebagai balasannya aq doa'in br ilmu agan mkn brtambah dan succes sll tentunya dan sll d mdhkan dlm mncapai kesuksesan dan bs kaya raya di dunia dn akhirat, jd ky ustd nie....hehe pokokny mksh bnyk dech.

    BalasHapus
  24. Makasih gan informasinya sangat membantu bagi kta yg gaptek, sebagai balasannya aq doa'in br ilmu agan mkn brtambah dan succes sll tentunya dan sll d mdhkan dlm mncapai kesuksesan dan bs kaya raya di dunia dn akhirat, jd ky ustd nie....hehe pokokny mksh bnyk dech.

    BalasHapus
  25. aku butuh ilmu kawan-kawn untuk bekal hidup di kezaman yang datang.thaks for all

    BalasHapus
  26. aku butuh ilmu kawan-kawn untuk bekal hidup di kezaman yang datang.thaks for all

    BalasHapus
  27. Cukup membantu..
    Terimakasih..

    Jangan lupa kunjungi blog aku :
    www.pasadena-florist.com

    BalasHapus
  28. Terimakasih gan atas artikel sangat membantu sekali

    BalasHapus
  29. Maknyuss gan infonya,tp pc ane klo lama ga dipake muncul itu lagi,kira2 apanya gan?mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  30. Maknyuss gan infonya,tp pc ane klo lama ga dipake muncul itu lagi,kira2 apanya gan?mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  31. Bermanfaat banget. Semoga jadi amal ibadah

    BalasHapus
  32. Thanks sangat membantu, ilmu baru buat saya yg masih TK dlm ilmu computer. Sukses buat anda

    BalasHapus
  33. Makasih boss sangat membantu cos ane masih newbie

    BalasHapus
  34. Trimakasih bos,,,sangat membantu,,mudahan rejeki bos dilancarkan terus

    BalasHapus
  35. Thanks tuan kerana kongsikan tips yang amat berguna.

    BalasHapus
  36. thanks broo atas info yg bermanfaat ini

    BalasHapus
  37. Mantap, makasih telah bebagi ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
  38. Aku mau coba update bios,tapi resiko nya motherboard nya...huuu..huuu...aku bersedih..tapi tka yah gan,atas ilmu nya,semoga Allah tambah ilmu lagi buat agan...piss

    BalasHapus
  39. Ok thanks.. . Cukup ngebantu buat saya...

    BalasHapus
  40. Terimakasih,smg barokah ilmunya

    BalasHapus
  41. Terimakasih,smg barokah ilmunya

    BalasHapus
  42. Terimakasih,smg barokah ilmunya

    BalasHapus
  43. Terimakasih,smg barokah ilmunya

    BalasHapus
  44. ok terima kasih atas tuttorial... sangat bagus..
    tapi masalah saya agk beda dikit mas... di komputer saya tiba2 listrik padam.. dan setelah nyala kembali saya hidupkan muncul message cmos checksum error-default loader
    press F2 to continu, f1 enter setup
    pertayaan bagaimana cara bisa mehilangkannya

    BalasHapus
  45. ok terima kasih atas tuttorial... sangat bagus..
    tapi masalah saya agk beda dikit mas... di komputer saya tiba2 listrik padam.. dan setelah nyala kembali saya hidupkan muncul message cmos checksum error-default loader
    press F2 to continu, f1 enter setup
    pertayaan bagaimana cara bisa mehilangkannya

    BalasHapus
  46. Makasih banyak gan. Ilmu bermanfaat buat saya yg belajar.

    BalasHapus
  47. Makasih banyak gan. Ilmu bermanfaat buat saya yg belajar.

    BalasHapus
  48. Jadi paham saya maksih mas bro ilmu y maklum pemula make komputer d tahun 2020 ketinggalan jaman

    BalasHapus
  49. 2021,setelah libur lebaran 2minggu laptop Asus pas mau dinyalain ad perintah press f1 resum, setelah diklik ada tulisan diagnosing your pc, setelah itu balik ke press f1 lagi. Kl seperti ini kenapa ya om?

    BalasHapus

 
Fahrizal Nurjulianto © 2012 | Template By Fahrizal Nurjulianto